Rabu, 27 November 2013

BERCENGKERAMA DENGAN PASIEN BAKSOS

‘First , do no harm’ atau -dalam bahasa Latin- ‘Primum Non Necere’ adalah sebuah prinsip medis yang harus tertanam di dalam benak dan lubuk hati para dokter tatkala melayani pasien pasiennya. Prinsip ini bermakna bahwa hal terpenting yang harus dilakukan oleh seorang dokter terhadap para pasiennya adalah berupaya sekuat mungkin -dalam mengobati pasien- untuk tidak mencederai fisik maupun mental mereka.

Buat sebagian pasien katarak yang mengikuti Bakti Sosial Operasi Katarak, misalnya, saat saat memasuki kamar operasi dirasakan sebagai saat saat yang amat menakutkan dan mengerikan. Batin mereka gelisah, fikiran menerawang entah kemana mana.

Nah,.. untuk sedikit mengendorkan ketegangan, tidak salahnya dokter sekali sekali menyapa para pasiennya, mengajaknya mengobrol,  sambil bercanda dan bersenda gurau serta boleh jadi diakhiri dengan ber’foto ria’ bersama.

Siapa tahu cara cara sederhana semacam ini akan membuat pasien merasa aman, tenang dan nyaman sebelum dibaringkan di meja operasi dan.... jangan lupa, ..barangkali sekalian juga dapat mengurangi denyut ketegangan yang dirasakan oleh para sejawat dokter mata yang harus membedah puluhan mata pasien dalam Baksos sehari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar